Lifestyle

Cara Menghilangkan Stres Setelah Seminggu Bekerja, Lakukan 3 Kegiatan Ini di Akhir Pekan

Jakarta, Deras.id – Ketegangan emosi haruslah diredakan dengan cara menghilangkan stres yang tepat. Stres bisa dipicu karena tekanan lingkungan atau pekerjaan. Setiap orang sebaiknya perlu tahu melepas stres agar bisa kembali beraktivitas dengan maksimal.

Berikut 3 cara menghilangkan stres setelah seminggu bekerja yang bisa dilakukan:

  • Olahraga teratur

Melansir Kompas.com, olahraga mampu meredakan stres. Olahraga meningkatkan hormon endorfin. Endorfin merupakan hormon alami yang diproduksi otak untuk mengurangi stres. Inget juga, olahraga juga menurunkan hormon kortisol dan adrenalin.

  • Tidur cukup

Cara menghilangkan stres yang sering diabaikan dengan memperhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-9 jam sehari. Namun saat stress menyerang kita bisa mengalami kesulitan tidur. Kita bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengatur waktu mulai dan bangun tidur yang sama setiap harinya. Selain itu, kita mesti mematikan gawai agar tubuh lebih tenang sebelum tidur.

  • Mendengarkan musik
Baca Juga:  Mengenal Inter Miami Klub Baru Lionel Messi

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2018 menghasilkan data jika mendengarkan musik dapat mengurangi detak jantung dan secara signifikan menurunkan rasa stres. Hal lain dilakukan oleh peneliti di Stanford University yang menyarankan jika mendengarkan musik dapat mengubah fungsi otak seperti halnya minum obat. Musik yang memiliki ketukan lambat bisa memperlambat gelombang otak kita yang terhubung dengan keadaan meditasi. Ritme musik cepat dapat membantu kita menjadi lebih waspada dan lebih mampu berkonsentrasi.

Menurut para ahli mengungkapkan, mendengarkan musik menenangkan sebelum waktu tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda