Lifestyle

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Medis dan Skincare di Usia 40 Tahun

Advertisement

Jakarta, Deras.id –  Flek hitam adalah noda gelap kecil yang terbentuk di kulit. Bintik-bintik hitam ini adalah tanda penuaan dan paparan sinar matahari. Maka dari itu, tak mengherankan bila menginjak usia 40 tahun, anda menemukan flek hitam di wajah.

Usia merupakan faktor penting terjadinya flek hitam. Kulit menjadi lebih rentan terhadap kondisi ini dengan penuaan dan pigmen melanin tubuh tidak berfungsi dengan baik. Akan tetapi, bintik-bintik hitam pada kulit ini tidak berbahaya bagi kulit.

Bitnik-bintik penuaan atau flek hitam biasanya terjadi karena kelebihan produksi melanin atau pigmen kulit. Para ahli tidak tahu persis mengapa flek hitam berkembang, tetapi beberapa orang memang memiliki kecenderungan genetik. Dengan kata lain mungkin anda memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami flek hitam jika terjadi di keluarga. Penyebab lain yang mungkin termasuk penuaan kulit, paparan sinar ultraviolet, seperti tanning bed, dan paparan sinar matahari. Itulah mengapa anda kemungkinan besar akan mengembangkan flek hitam pada area kulit yang paling banyak menerima sinar matahari.

Meski tidak berbahaya, flek hitam membuat beberapa orang tidak tampil percaya diri. Maka dari itu, untuk membantu anda mengatasinya, berikut adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di usia 40 tahun yang bisa anda lakukan:

  • Medical Treatment

Krim topikal memang meringankan bintik-bintik secara bertahap dari waktu ke waktu. Akan tetapi, terkadang mereka dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu terkait efek sampingnya dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan krim yang tepat.

Beberapa prosedur kosmetik juga dapat meringankan atau menghilangkan bintik-bintik penuaan. Sebelum menjalani prosedur, diskusikan pilihan dengan dokter kulit, atau dokter spesialis perawatan kulit.

Advertisement

Dokter kulit mungkin akan menyarankan salah satu dari prosedur berikut:

Mikrodermabrasi: Perawatan non-invasif yang melibatkan pengelupasan kulit

Cyrotherapy: Metode ini melibatkan menghilangkan noda dengan zat dingin, seperti nitrogen cair.

Advertisement

Chemical peel: Metode ini melibatkan menyikat larutan kimia ke kulit untuk mengelupasnya, lalu mengelupas sel-sel mati.

Perawatan laser: Operasi laser atau terapi cahaya berdenyut intens, yang melibatkan penggunaan sinar intensitas tinggi.

  • Kandungan Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam

Krim topikal juga dapat mengurangi munculnya flek hitam. Penelitian menunjukkan bahwa krim yang mengandung satu atau lebih bahan berikut ini dapat membantu:

  1. Asam azelat
  2. Vitamin E
  3. Vitamin C
  4. Asam alfa-hidroksi
  5. Klorofilin tembaga
  • Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Usia 40 Tahun
Baca Juga:  PDB Tumbuh 8,7 Persen, Malaysia Yakini Tak Alami Resesi 2023

Pengobatan alami juga dapat membantu anda meringankan bitnik-bintik penuaan, salah satu seperti berikut:

  1. Lidah buaya: Beberapa riset pada hewan menunjukkan bahwa mengoleskan lidah buaya ke bintik-bintik penuaan setiap hari dapat meringankan tanda tersebut.
  2. Bawang merah: Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit bawang merah kering dapat mencerahkan bintik-bintik penuaan. Seseorang dapat mencari krim topikal yang mengandung Allium cepa.
  3. Ekstrak anggrek: Seorang penulis menyimpulkan bahwa ekstrak anggrek dapat meringankan bintik-bintik hitam penyebab penuaan. Ekstrak adalah bahan dalam beberapa produk skincare.

Nah, itulah beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk menghilangkan flek hitam di usia 40 tahun.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda