Lifestyle

Cara Mengatasi Badan Lemas dan Mudah Capek

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Badan yang lemas dan mudah capek dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk stres, kurang tidur, dan kebiasaan yang dilakukan. Selain beristirahat, berolahraga secara teratur dan mengatur pola makan dapat membuat tubuh lebih berenergi serta terhindar dari rasa lemas.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa cara mengatasi badan lemas dan mudah capek berikut ini.

  • Minum air putih

Tubuh yang terasa lemas dan lelah adalah salah satu gejala dehidrasi yang kerap ditemui. Untuk membuat Anda lebih berenergi, Anda bisa minum air putih dengan jumlah yang direkomendasikan atau sekitar delapan gelas sehari.

  • Mengatasi masalah kesehatan yang dimiliki

Rasa lelah dan lemas bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan tertentu, termasuk diabetes, anemia, dan penyakit jantung. Anda yang tiba-tiba merasa mudah lelah dan memiliki tubuh yang lemas perlu segera mencari bantuan medis agar bisa mendapatkan diagnosis yang tepat.

Baca Juga:  Hari Ini Federasi Sepakbola Rusia Bertemu dengan UEFA

Selain itu, Anda juga diimbau untuk segera mencari bantuan medis jika sudah melakukan beberapa cara mengatasi badan lemas dan mudah capek di atas, tetapi kondisi yang dialami tidak kunjung membaik. Hindari melakukan diagnosis pribadi dan mengonsumsi obat-obatan yang belum tentu aman secara medis karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

  • Mengatur pola makan

Pola makan yang tidak baik dapat membuat tubuh mudah lemas dan capek di siang hari. Untuk mengembalikan energi, Anda diimbau untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Advertisement

Hindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan pemanis dalam porsi besar karena dapat membuat tubuh semakin lemas beberapa jam setelah mengonsumsinya.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan menjaga agar tubuh tidak mudah lelah. Bahkan, berjalan kaki selama 15 menit sehari akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa tubuh.

  • Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas tidak hanya akan meningkatkan risiko penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung, tetapi juga akan membuat Anda mudah lelah. Menurunkan berat badan secara sehat, seperti dengan berolahraga dan mengatur pola makan, dapat membuat tubuh lebih berenergi dan sehat.

Advertisement
  • Mendapatkan tidur yang cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda merasa lebih mengantuk dan lelah di siang hari. Selain tidur lebih awal, Anda juga perlu memastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup atau setidaknya selama tujuh jam setiap malam.

  • Mengurangi stres
Baca Juga:  Tips Menata Hubungan Asmara untuk Jangka Panjang

Stres yang dirasakan dapat membuat energi di dalam tubuh berkurang. Menghindari stresor atau penyebab stres serta melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga dan mendengarkan lagu, dapat mengembalikan energi yang hilang.

  • Mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol

Anda yang mudah merasa lemas dan capek perlu menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Pasalnya, minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menurunkan kualitas tidur di malam hari sehingga tubuh akan terasa lebih lemas dan mudah lelah di siang hari.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda