Lifestyle

Cara Agar Bangun Tidur Terasa Segar, Pastikan Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun

Jakarta, Deras.id – Tidak hanya mengistirahatkan tubuh saja, tidur ternyata juga baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Tidur nyenyak berperan dalam mendukung kesehatan jantung dan kesehatan badan secara keseluruhan. Sebab, pola tidur yang baik dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit lain yang diakibatkan karena pola tidur yang buruk.

Kualitas tidur yang buruk dan rasa khawatir sebelum menjalani aktivitas dapat membuat tubuh terasa lemas saat bangun tidur. Agar tubuh terasa segar dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda diimbau untuk tidak tidur kembali saat bangun dan melakukan gerakan peregangan saat bangun tidur.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan agar bangun tidur badan terasa segar:

  • Sarapan dengan menu yang ringan
Baca Juga:  Status Hukum Bagi Orang yang Tidak Kuat Berpuasa

Sarapan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kondisi tubuh saat beraktivitas. Pasalnya, sarapan dengan porsi besar dapat membuat tubuh terasa lebih lemas karena tubuh memerlukan energi yang lebih banyak untuk mencerna makanan. Agar tubuh lebih berenergi, Anda dapat memilih menu yang ringan, seperti bubur, telur, buah, dan sayur.

  • Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar. Pasalnya, air dingin dapat membuat jaringan pembuluh darah terdalam melebar sehingga meningkatkan denyut jantung dan melancarkan aliran darah.

  • Melakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan di pagi hari dapat memberikan stimulasi pada tubuh, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan kosentrasi. Olahraga yang dilakukan di pagi hari tidak selalu merupakan jenis olahraga dengan intensitas tinggi. Pasalnya, olahraga ringan seperti berjalan kaki dan menari, sudah dapat meningkatkan irama denyut jantung dan pernapasan, sehingga Anda akan merasa lebih segar saat bangun tidur.

  • Hindari tidur lagi setelah bangun
Baca Juga:  Kebiasaan yang Membuat Anda Sulit Tidur di Malam Hari

Kebiasaan tidur lagi setelah alarm berbunyi dapat mengganggu rutinitas Anda di pagi hari. Pasalnya, tidur kembali setelah bangun tidur dapat mengganggu jam internal tubuh, sehingga Anda bisa bangun dengan lebih segar di pagi hari.

  • Minum segelas air putih

Minum segelas air putih di pagi hari saat bangun tidur dapat membantu tubuh mendapatkan hidrasi yang diperlukan untuk bekerja secara optimal. Konsumsi air putih di pagi hari dapat merangsang kerja organ-organ di dalam tubuh, sehingga Anda akan merasa lebih segar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda