Olahraga

Ambisi Terakhir Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Jakarta, Deras.id – Tidak berlebihan jika Shin Tae-yong disebut sebagai salah satu pelatih timnas Indonesia yang sukses menukangi Timnas Indonesia. Meski belum mengantarkan sebiji pun trofi bergengsi tapi sulit untuk mengatakan Shin Tae-yong adalah pelatih yang buruk buat Timnas Indonesia. karena level Shin Tae-yong bukan sekedar trofi yang sering disebut-sebut bergengsi seperti piala AFF. Namun Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong diajak naik level, untuk naik level maka ranking di peringkat FIFA harus naik.

Shin Tae-yong pun memulainya. Ia datang saat pasukan Garuda hanya bisa bertengger di peringkat 175 FIFA akan tetapi Shin Tae-yong berhasil mengerek rangking Indonesia sampai 20 peringkat menjadi 155 masih belum puas dengan peringkat itu, Shin Tae-yong mengerek lagi ranking Indonesia hingga ke tangga 139 setelah setelah beberapa torehan manis yang dilakukannya berama squad Garuda.

Shin Tae-yong melanjutkan ambisinya ketika membesut anak-anak muda garuda pada kelompok umur 20 tahun. Salah satu prestasi yang mencolok adalah Timnas Indonesia U-20 yang ia besut melenggang mulus ke piala Asia U-20 setelah memperdaya Timnas Vietnam U-20 di matchday ketiga grup F. Timnas Indonesia U-20 bisa memuncaki klasemen grup f dan otomatis memperoleh tiket ke Uzbekistan, dan hebatnya ketika itu Indonesia jadi tim dari Asia tenggara pertama yang lolos ke Uzbekistan.

Baca Juga:  AC Milan Menangi UCL 2002/2003 Setelah Derby Milan di Semifinal

Shin Tae-yong juga memastikan Timnas senior mengikutinya, ketika drama soal Shin Tae-yong yang melatih 3 level Timnas, ia justru sanggup mengantarkan Timnas senior mengalahkan Kuwait dan Nepal. Garuda Senior sukses mengumpulkan 6 poin dari 3 laga, Timnas Indonesia menempati posisi runner up grup A, meski begitu mereka berhasil lolos ke piala Asia 2023 karena jadi runner up terbaik.

Lolos ke Piala Dunia 2026 disebut-sebut akan menjadi Ambisi terakhirnya bersama squad Garuda. Usai sakit hati setelah drama politik yang mengakibatkan Indonesia gagal bermain di Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong meluapkan kekesalannya ke arah yang lebih positif. Dia berambisi membawa Timnas Indonesia lolos ke piala dunia 2026. pelatih asal Korea Selatan itu menyebut kans Indonesia untuk lolos cukup besar, negara-negara Asia akan mendapatkan jatah sebanyak 8,5 negara dengan rincian 8 tim lolos langsung dan 0,5 merujuk dari tim yang akan memperebutkan tiket play of dengan negara dari konfederasi lain, berdasar pada hal itu, Shin Tae-yong yakin kalau Indonesia bisa menciptakan sejarah baru dengan lolos ke putaran Final Piala Dunia 2026.

Baca Juga:  Teerasil Dangda Bisa Jadi Ancaman Timnas Indonesia

Ambisi itu semakin menyala setelah Indonesia Indonesia naik ke posisi runner up menempel Iraq di tangga teratas. Hasil ini diperoleh usai meredam perlawanan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno dengan skor tipis 1-0. Shin Tae-yong telah meracik squad Timnas Indonesia yang terintegrasi, kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman ditambah kekuatan dari pemain naturalisasi membuat Squad Indonesia tampak kokoh dengan permainan agresif dan tidak monoton. Kedalaman squad dan motifasi mengukir sejarah baru akan menjadi bahan bakar bagi squad asuhan Shin Tae-yong untuk menatap duel pamungkas itu dengan kemenangan.

Menang di markas Vietnam dan lolos ke putaran selanjutnya kualifikasi piala dunia menjadi ambisi gila arsitek yang kerap dipanggil STY itu. Diketahui Indonesia belum pernah menang saat bertandang ke kandang Vietnam, dan lolos ke putaran selanjutnya  pada kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan langkah besar yang pernah dilakukan Indonesia. Dalam Konferenai pers menjelang laga leg 2 lawan Vietnam, Shin Tae-yong menunjukan sikap optimisnya bisa menyelesaikan perlawanan Vietnam.

Baca Juga:  Gol Egy Maulana Vikri Tumbangkan Timnas Vietnam Di Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Dua tahun yang lalu kami kalah melawan Vietnam. Pada saat itu, skuad kami mayoritas terdiri dari pemain yang kurang berpengalaman dengan usia yang relatif muda,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi, sekarang situasinya sedikit berbeda. Meskipun skuad kami masih muda, para pemain telah melalui berbagai pertandingan, terutama pertandingan internasional,” katanya.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa pengalaman menjadi kunci, dan squadnya hari ini cukup untuk itu dan siap menunjukan pefiorma yang lebih baik dari tuan rumah.

“Saya memiliki kepercayaan penuh pada kemampuan para pemain saya dan saya juga percaya pada diri saya sendiri, Saya yakin kami akan memberikan penampilan yang bagus besok,” kata Shin Tae-yong menambahkan.

Pertandingan tersebut akan di gelar di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

Penulis: Rizal l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda