PolitikPolitik

Lusa Debat Perdana Pilgub Jatim, Usung Tema Kebutuhan Dasar

Surabaya, Deras.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mengumumkan akan menggelar debat perdana Pilkada Jawa Timur pada 18 Oktober 2024. Debat perdana tersebut rencana digelar di Grand City Surabaya dengan mengusung tema kebutuhan dasar.

“Tema yang debat pertama itu kebutuhan dasar, jadi kesejahteraan, pendidikan dan sebagainya,” ujar Komisioner KPU Jatim Nur Salam di Surabaya, Jumat (4/10/2024).

Salam mengatakan KPU Jatim sudah mematangkan rencana debat perdana tersebut, termasuk menentukan beberapa panelis yang dipilih dari beberapa universitas di Jawa Timur.

“Kami lihat kualifikasi sesuai dengan tema. Tapi yang jelas soal panelis, kami tidak kekurangan, banyak kampus besar dan tokoh-tokoh nasional yang ada di Jatim,” kata Salam.

Salam menjelaskan bahwa beberapa panelis yang dipilih merupakan perwakilan dari kampus besar di Jawa Timur. Beberapa kampus yang dipilih antara lain Universitas Airlangga, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Surabaya.

Lebih lanjut, Salam menjelaskan bahwa debat cagub-cawagub nantinya akan dilakukan dalam enam segmen. Antara lain segmen pemaparan visi misi, pertanyaan panelis, beberapa segmen saling menanggapi dan terakhir segmen closing statement.

Selain itu, Salam mengungkapkan dalam pelaksanaan debat, KPU Jatim menerapkan beberapa aturan bagi pendukung masing-masing paslon. Terutama tentang estimasi jumlah pendukung “masing-masing paslon.

Karena ada tiga paslon, tentu (massa) banyak, estimasi sementara minimal 100 audiens, dengan semuanya pakai kostum pakaian adat,” ungkap Salam.

Kemudian Salam juga mengimbau agar masing-masing massa pendukung paslon menjaga ketertiban, serta tidak saling menyerang secara personal hingga membuat gaduh. Selain itu,

Massa pendukung juga tidak boleh membawa atribut secara mandiri, sebab KPU Jatim telah menyediakan.

Penulis: Diraf l Editor: Muhibudin Kamali

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami