Olahraga

Head to Head Timnas Indonesia vs China di Laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Jakarta, Deras.id – Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas China dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan ini merupakan bagian dari matchday keempat di Grup C dan dijadwalkan berlangsung di Qingdao Youth Football, Qingdao Selasa, (15/10/2024) malam WIB.

Laga melawan China tersebut sangat krusial bagi skuad Merah Putih. Setelah tiga kali bermain imbang melawan Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2), kemenangan di pertandingan ini akan mendongkrak perolehan poin Indonesia.

Dalam sejarah pertemuan antara Timnas Indonesia dan China, China memiliki keunggulan yang cukup signifikan. Timnas Indonesia sering kali mengalami kesulitan saat menghadapi tim dari Negeri Tirai Bambu ini, dengan lebih banyak kekalahan dibandingkan kemenangan.

Namun, performa Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang positif. Timnas Indonesia kini dipenuhi oleh pemain-pemain jebolan luar negeri yang mampu meningkatkan kualitas permainan. Selain itu, keberadaan pelatih handal asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, juga memberikan dampak besar terhadap strategi dan taktik tim. Di bawah kepemimpinannya.

Mengambil catatan dari 11v11, kedua kesebelasan sudah saling berduel sebanyak 17 kali di lintas kompetisi. Pertemuan perdana terjadi pada Mei 1957 dalam laga pra Piala Dunia 1958. Di perjumpaan perdana yang bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia berhasil menang dengan skor 2-0.

Namun, secara keseluruhan, China masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia. Tim Negeri Tirai Bambu tercatat sudah 11 kali mengalahkan Skuad Garuda. Kemenangan terakhir Indonesia atas China terjadi pada King’s Cup 1987 silam.

Laga ini akan menjadi ajang ke-18 pertemuan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ini adalah kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk memperbaiki catatan pertemuan mereka dan meraih kemenangan yang sangat dibutuhkan dalam upaya meraih tiket menuju Piala Dunia.

Penulis: Elfajr l Editor: Apr

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami