Olahraga

Dua Wakil Indonesia Cabor Atlet Panjat Tebing tersingkir di Olimpiade Paris 2024″

Jakarta, Deras.id – Atlet Indonesia gagal menambah torehan medali di Olimpiade Paris 2024 dalam cabang olahraga panjat tebing putri.

Dua atlet panjat tebing putri, Made Rita Kusuma Dewi dan Rajjiah Salsabilah kandas dalam perebutan medali Olimpiade Paris 2024.

Made Rita Kusuma Dewi terhenti di perempat final lawan atlet Cina, Lijuan Deng. Sementara Rajiah Salsabilah juga mengakui keunggulan pesaingnya asal Polandia, Aleksandra Kalucka di perebutan mendali perunggu dalam babak final di panjat tebing speed putri di Paris, Rabu, (7/8/2024).

Desak kalah dari pesaingnya di perempat final dengan hanya tertinggal 0,0006, atlet asal Buleleng Bali tersebut mencatatkan waktu 6,369 detik sementara lawanya, Lijuan mencatatkan waktu 6,363 detik untuk lolos ke semifinal panjat tebing speed putri.

Sementara dengan atlet panjat tebing Indonesia, Rajiah Salsabilah berlanjut ke semifinal setelah mengalahkan atlet speed putri asal Amerika Serikat, Emma Hunt dengan catatan waktu 6,54 detik dan lawanya hanya mencatatkan waktu 7,98 detik.

Sayangnya atlet 25 tahun tersebut terhenti dengan catatan waktu 6,41 detik, kalah dari lawan nya dengan catatan waktu 6,38 detik. Kemudian, Rajiah Salsabilah lanjut mengikuti perebutan medali perunggu lawan asal Polandia, Aleksandra Kalucka yang sebelumnya kalah dari rekan senegaranya sekaligus saudari kandungnya sendiri Aleksandra Miroslaw di semifinal. Namun, dalam pertandingan tersebut Rajiah mengakui keunggulan pesaingnya asal Polandia tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, Rajiah sempat terpleset dua kali sehingga ia hanya berhasil finis dengan catatan waktu 8,24 detik dan lawanya catatan waktu berhasil finis di 6,54 detik.

Dari kekalahan dua atlet panjat tebing speed putri Indonesia tersebut, pelatih Hendra Basir menyayangkan penampilan Desak dan Rajiah di perempat final Olimpiade Paris 2024 di bawah harapan tim pelatih.

“Hari ini sangat mengecewakan tidak sesuai dengan ekspektasi. Ada beberapa kesalahan yang sangat-sangat simpel sebenarnya di area start, tapi itulah pertandingan,” ucap Hendra selepas pertandingan.

Meskipun hal demikian, pelatih Hendra Basir juga mengapresiasi perjuangan dua atlet panjat tebing speed putri tersebut.

“Saya pikir teman-teman atlet, Desak dan Rajiah sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia tapi belum rezekinya,” tutur dia.

Dengan hasil tersebut, Indonesia kini menyisakan satu wakil di cabor panjat tebing speed putra yakni Veddriq Leonardo yang di  jadwalkan menghadapi tuan rumah Bassa Mawem pada babak perempat final yang berlangsung Kamis, (8/8/2024).

Penulis: Elfajr l Editor: Apr

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami