Olahraga

Kalahkan Kanada 2-0, Argentina Kuasai Semifinal Copa America 2024

Jakarta, Deras.Id – Argentina melaju ke final Copa America 2024 setelah menghentikan perlawanan Kanada dengan skor 2-0 di semifinal. Kemenangan ini semakin membuka peluang Albiceleste untuk mempertahankan gelar juara mereka. Laga tersebut dimainkan di MetLife Stadium pada Rabu 10/7/2024 pagi WIB. Dua gol kemenangan Argentina dicetak oleh Julian Alvarez pada menit ke-22 dan Lionel Messi pada menit ke-50. Kanada tidak mampu membalas dan harus menerima kekalahan.

Kanada berupaya memberi kejutan di awal laga, namun dua peluang lewat Jacob Shaffelburg pada menit ke-5 dan ke-7. Namun, gagal menemui sasaran. Argentina membalas melalui tembakan jarak jauh Lionel Messi pada menit ke-10, tetapi juga melenceng dari target.

Argentina mengambil kendali di menit ke-22. Julian Alvarez menerima umpan terobosan dari Rodrigo De Paul, melewati Moise Bombito, lalu melepaskan tembakan yang gagal dibendung kiper Kanada, Maxime Crepeau.

Unggul satu gol membuat Argentina kian bersemangat. Namun, tak semua peluang mereka berhasil mengancam gawang Kanada. Tembakan jarak jauh Angel Di Maria pada menit ke-34 melenceng dari sasaran, begitu pula dengan sundulan Lisandro Martinez di menit ke-36.

Kanada nyaris menyamakan skor di injury time babak pertama lewat tembakan Jonathan David. Namun kiper Argentina, Emi Martinez, berhasil menggagalkan peluang tersebut. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Dengan aksi gemilang dari Martinez, Argentina berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga turun minum, sebelum menambah gol di babak kedua yang memastikan kemenangan mereka.

Pada babak kedua, Argentina berhasil menambah gol di menit ke-51. Lionel Messi mencetak gol pertamanya di Copa America 2024, meneruskan tembakan Enzo Fernandez yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Kanada.

Gol tersebut sempat dicek Video Assistant Referee (VAR) karena Messi diduga offside, namun tayangan ulang membuktikan sebaliknya. Gol tetap sah, dan skor menjadi 2-0 untuk Argentina.

Keunggulan ini membuat tim asuhan Lionel Scaloni semakin mengontrol pertandingan. Julian Alvarez berupaya menambah gol di menit ke-61, namun tembakannya dimentahkan oleh Maxime Crepeau. Kanada membalas lewat tembakan Ismael Kone, tetapi bola melambung di atas gawang.

Kanada meningkatkan intensitas di pengujung laga. Liam Millar melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-87, namun bola juga melambung di atas gawang.

Kesalahan Lisandro Martinez di menit ke-89 membuat Kanada melancarkan serangan balik berbahaya, namun tembakan Tani Oluwaseyi diblok oleh Martinez. Sundulan Oluwaseyi semenit berselang juga melebar tipis di sisi kanan. Pada akhirnya, skor 2-0 tetap bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Argentina akan tampil di final yang akan digelar di Miami Gardens pada Senin 15/7/2024 mendatang. Sementara itu, Kanada akan bermain dalam duel perebutan medali perunggu di Charlotte pada hari Minggu 14/7/2024.

Penulis: Elfajr l Editor: Apr

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami