Lifestyle

Menjaga Kesehatan Paru Paru Bagi Perokok Aktif

Jakarta, Deras.id – Bagi kalian yang tidak merokok secara medis Kesehatan tubuh terutama paru paru anda lebih terjaga dari pada perokok. Namun bagaimana dengan para perokok atif? Apakah ad acara untuk membersihkan atau menjaga paru paru anda tetap dalam kondisi sehat?

Secara medis tidak ada Langkah yang cepat untuk mengembalikan paru paru anda dalam kondisi prima. Namun ada beberap cara yang dapat dilakukan bagi sobat deras yang sangat kecanduan merokok, berikut langkah langkahnya:

  1. Olahraga

Mortman juga menekankan pentingnya aktivitas fisik. Tetap aktif dapat menjadi salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Cukup dengan berjalan-jalan di luar ruangan dapat membantu kantung udara di paru-paru tetap terbuka. Jika kantung itu tetap terbuka, kantung dapat bertukar oksigen dan membawanya ke tempat yang dibutuhkan tubuh.

  • Membiasakan minum minuman hangat

Menurut American Lung Association, menjaga tubuh tetap terhidrasi penting untuk kesehatan paru-paru. Dengan banyak minum air putih, Anda dapat menjaga agar lendir di paru-paru tetap encer, sehingga lendir lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Minum minuman hangat, seperti teh, kuah kaldu, air seduhan jahe, atau bahkan hanya air hangat biasa, dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dibersihkan dari saluran udara.

  • Mengkonsumsi makanan anti-inflamasi

Cara membersihkan paru-paru perokok bisa dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan atau anti-inflamasi. Selain membersihkan, makanan ini bisa mencegah peradangan pada paru-paru. Misalnya buah bluberi, ceri, daun bayam, kubis, minyak atau buah zaitun, apel, dan kacang almond.

  • Meminum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang efektif mengurangi peradangan paru-paru. Senyawa tersebut dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya asap rokok. Berdasarkan hasil studi, orang yang minum dua cangkir teh hijau murni tanpa gula per hari, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada yang tidak minum sama sekali.

  • Dan menghindari polusi

Langkah sederhana untuk membantu membersihkan paru-paru adalah menghindari polusi udara seperti asap kendaraan, paparan debu, asap rokok, atau bahan kimia. Saat terpapar polusi udara, partikel-partikel asing dari kotoran tersebut akan masuk dan menyumbat saluran pernapasan.

Penulis: M.FSA I Editor: Apr

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami