EntertainmentNasional

Tagih Royalti ke Once, Ahmad Dhani: Show Me the Money

Jakarta, Deras.id Perseteruan Musisi Ahmad Dhani dengan Once Mekel soal royalti masih berlanjut. Kali ini ayah Al, El, dan Dul itu mengklaim bahwa semenjak Dewa 19 vakum, Once sering menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 secara solo ketika mengikuti konser. Lantas dirinya pun menagih bukti royalti yang seharusnya dia dapatkan selama Dewa 19 vakum.

“Sebelumnya, beberapa tahun kita kosong nih, enggak ada job Dewa 19, tetapi Once kan jalan terus membawakan lagu Dewa 19,” ucap Ahmad Dhani saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2023).

“Saya mau tagih, kan katanya ada royalti, mana buktinya (sudah bayar royalti)? Show me the money,” lanjut musisi berusia 50 tahun tersebut.

Pentolan grup musik Dewa 19 itu menagih bukti royalti pembayaran kepada Pelantun ‘Dealova’ ini. Akan tetapi selama ini Once dinilai berlindung di bawah Event Organizer (EO).

“Menurut saya, Once itu berlindung di EO, katanya kan Once mau membantu pencipta lagu. Ya sudah, kasih kami bukti pembayaran daripada EO kepada kami dari 2010 hingga 2022,” ungkap Dhani.

Suami Mulan Jameela ini memperkirakan, usai keluar dari grup Dewa 19 dari tahun 2010 Once masih sering membawakan lagu Dewa 19. Jika dihitung dari mulai tahun 2010 hingga 2022, Once sudah harus membayar royalti hungga miliaran rupiah.

“Kalau dikalkulasikan sudah bisa miliaran. Hasil nyanyi menggunakan lagu Dewa itu miliaran pasti, misal sekali show seratus juta, itu dari 2010 wah banyak banget,” tegas Dhani.

Perseteruan ini bermula dari perdebatan lagu yang akan dibawakan di konser 30 Tahun Dewa 19 yang di gelar di Jakarta Internasional Stadiun (JIS) pada tanggal 4 Februari 2023. Persoalan ini pun berlanjut ketika Once Mekel menolak membayar royalti lagu Dewa 19 yang dinyanyikan di luar acara band tersebut.

Hingga akhirnya mantan Suami Maia Estianty ini mengumumkan secara tebuka untuk melarang Once membawakan lagu Grup Dewa 19. Ia juga melayangkan somasi untuk Once agar membayar royalti jika terus ingin menyanyikan lagu Dewa 19.

Penulis: Una l Editor: Ifta

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami