Lifestyle

7 Cara agar Anda Terbiasa Bangun Pagi

Jakarta, Deras.id – Bangun pagi dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan risiko gangguan kesehatan mental. Anda bisa mulai dengan bangun di waktu yang sama setiap hari dan menghindari kebiasaan menekan tombol snooze saat alarm berbunyi.

Manfaat dari bangun pagi bisa kita rasakan untuk kesehatan adalah:

  • Mengalami peningkatan performa, baik secara fisik maupun mental.
  • Menurunkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.
  • Memiliki waktu yang lebih banyak untuk berolahraga sehingga tubuh lebih sehat.
  • Memiliki waktu untuk sarapan sehingga bisa mendapatkan energi tambahan untuk beraktivitas.

Berikut cara agar terbiasa bangun pagi yang bisa anda coba:

  • Tidur dan bangun tepat waktu yang sama

Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari akan membangun kebiasaan. Anda bisa mengatur durasi tidur setiap malam, namun mendapatkan tidur selama 7 jam setiap hari lebih disarankan agar anda bisa bangun dengan lebih segar di pagi hari.

  • Menghindari kebiasaan buruk sebelum tidur
Baca Juga:  Pemerintah Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Tidur dengan alarm yang dekat dengan badan akan meningkatkan keinginan untuk menekan tombol snooze untuk melanjutkan tidur. Kebiasaan ini hanya akan membuat tubuh terasa lelah dan menurunkan performa tubuh di siang harinya.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan kualitas tidur serta menghindarkan anda dari risiko gangguan tidur, seperti insomnia. Berolahraga secara teratur juga bisa meningkatkan energi dan menghindarkan tubuh dari rasa lelah di siang hari.

  • Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat bisa meningkatkan energi serta membantu tubuh untuk tidur dengan lebih baik. Tingkatkan asupan makanan yang bernutrisi, seperti buah dan sayur, gandum utuh, dan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3.

  • Mengatasi ganguan tidur yang di derita
Baca Juga:  Cacar Monyet Menyebar lewat Droplet, Masyarakat Diimbau Pakai Masker

Mengalami gangguan tidur, seperti insomnia kronis, bisa mengganggu kualitas tidur sehingga anda akan akan lebih sulit bangun di pagi hari. Untuk bisa bangun di waktu yang sama setiap hari, Anda diimbau untuk mengatasi masalah tidur yang diderita secara medis.

Bangun pagi bukan merupakan kebiasaan yang bisa dibentuk dengan mudah karena memerlukan proses yang konsisten. Mendapatkan waktu tidur yang berkualitas sangat diperlukan agar tubuh bisa bangun dengan lebih berenergi di pagi hari.

  • Mendapatkan paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membantu tubuh untuk mengatur ritme sirkadian yaitu jam biologis untuk mengatur waktu bangun dan tidur. Selain itu, mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari juga bisa meningkatkan suasana hati dan energi sehingga tidak mudah lelah meskipun bangun pagi.

Baca Juga:  Fantastis! 3 Investor Siap Bangun Perumahan ASN di IKN

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda