Lifestyle

5 Negara Terkuat di Dunia

Jakarta, Deras.id – Militer adalah salah satu komponen negara untuk mempertahankan kedaulatan negaranya. Dengan kekuatan militernya yang kuat suatu negara juga akan kuat secara kedaulatannya.

Sebuah lembaga bernama Global Firepower (GFP) telah merilis daftar negara terkuat di dunia. Penilaian negara yang paling kuat di dunia diukur berdasarkan power index yakni penilaian berdasarkan keuangan militer, kemampuan logistic, dan geografi wilayah negara tersebut. 

Berdasarkan penilaian yang dilakukan, semakin kecil poin yang didapat menandakan bahwa negara tersebut memiliki kekuatan militer yang lebih baik. 

Urutan Negara Terkuat di Dunia

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki posisi pertama sebagai negara terkuat di dunia dengan skor power index 0,0453. Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara militer yang kuat. Mereka memiliki personel tentara aktif sebanyak 1.390.000 orang. 

Amerika Serikat juga memiliki banyak basis militer yang tersebar di seluruh dunia seperti Guam, Hawai, atau negara kecil lai. Tujuannya untuk mengawasi kegiatan militer yang dilakukannya.

Baca Juga:  Xi Jinping 'Kecewa' pada PM Kanada di KTT G20, Mengapa?

Kekuatan militer Amerika Serikat didukung dengan kendaraan militer darat seperti tank berjumlah 6.289 unit, artileri gerak sebagai 1.456 unit, derek sebanyak 2.740 unit, serta kendaraan lapis baja 39.353 unit.

2. Rusia

Rusia sebagai negara terluas di dunia. Hal tersebut membuat negara ini membutuhkan pasukan militer yang sangat banyak untuk melindungi wilayahnya. Kondisi tersebut mengantarkan Rusia sebagai negara kedua yang memiliki militer terkuat di dunia dengan skor sebesar 0,0501.

Kekuatan militer mereka juga didukung oleh persenjataan yang mumpuni. Hal ini dikarenakan Rusia memiliki banyak perusahaan pembuat senjata militer yang menambah kekuatan negara ini.

3. China

China berada di urutan ketiga sebagai negara dengan militer terkuat di dunia. Hal ini menandakan bahwa selain teknologinya yang semakin maju, kekuatan militernya juga terus berkembang.

Baca Juga:  Warga AS Dihukum Penjara Seumur Hidup Akibat Spionase di China

Salah satu langkah terbaik dari militer China yaitu melakukan kerjasama dengan perusahaan pertahanan milik negara mereka untuk menggunakan teknologi terbaru dalam militer mereka. China juga merupakan negara dengan personil aktif terbanyak di dunia. 

Hal ini menjadikan China memiliki banyak kendaraan militer dengan teknologi yang mumpuni untuk mendukung kekuatan negara mereka. Dalam penilaian yang dilakukan, China memperoleh skor 0,0511.

4. India

India berhasil menduduki posisi keempat sebagai negara terkuat di dunia dan kedua di benua Asia. India mendapatkan poin tinggi karena negara ini memiliki jumlah transportasi militer terbanyak di dunia, antara lain; 4.730 unit tank, 4.040 unit artileri derek, dan 542 unit pesawat tempur.

Hingga saat ini, India masih aktif dalam tindakan militer terutama di perbatasan negara dengan Pakistan yang memiliki banyak konflik. India menduduki peringkat keempat sebagai negara terkuat di dunia dengan skor 0.0979 poin.

Baca Juga:  Rekomendasi Situs Penyedia Buku Gratis, Cocok untuk Mahasiswa

5. Jepang

Jepang merupakan negara yang tidak terlalu besar dan personil militer mereka pun tidak sebanyak empat negara sebelumnya. Tetapi, Jepang berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menduduki peringkat kelima sebagai negara terkuat di dunia.

Hal ini tidak lepas dari komitmen dan mindset masyarakat Jepang untuk bekerja semaksimal mungkin dan didukung oleh teknologi canggih yang mereka miliki. Militer Jepang bertumpu kepada kekuatan angkatan darat, udara, dan laut mereka. Jepang menempati peringkat kelima dengan poin 0.1195.

Itulah beberapa negara terkuat di dunia yang memiliki kekuatan di bidang militer. Berdasarkan penilaian yang sama, Indonesia berada di nomor urut 15 dengan poin 0,2251.

Penulis: Fat I Editor: April

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda