Lifestyle

5 Kebiasaan Harian yang Dapat Membuat Postur Badan Buruk

Jakarta, Deras.id – Tahukah anda jika sejumlah masalah postur tubuh yang buruk dan sering kita rasakan ternyata bisa saja muncul dari aktivitas dan kebiasaan harian yang kita lakukan? Apalagi jika kebiasaan tersebut terlalu sering kita lakukan dalam jangka waktu bahkan bersifat menahun. Seringnya kita menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang remeh dan tidak sadar dapat memengaruhi kondisi postur tubuh.

Berikut kebiasaan yang tanpa disadari sering kita lakukan setiap hari dan dapat membuat postur tubuh semakin memburuk:

  • Berdiri dengan cara yang salah

Berdiri dengan cara menyandar hanya pada salah satu sisi ternyata berdampak buruk pada postur tubuh. Tubuh manusia telah dirancang membawa beban tubuh secara merata. Memberi tekanan pada satu sisi tubuh akan membuat pinggul dan tulang belakang bekerja lebih keras dan menyebabkan nyeri otot. Mulai sekarang setiap berdiri, pastikan posisi kedua kaki menapak ke tanah dan tegakkan kepala anda.

  • Duduk/bekerja dalam posisi yang buruk dalam waktu lama
Baca Juga:  Puasa Ramadhan Kamu Batal, Begini Hukumnya Menurut Ulama

Posisi duduk yang terlalu nyaman tanpa adanya sandaran yang baik untuk tulang belakang seperti berbaring di atas kasur dapat menjadi penyumbang seseorang mengalami postur tubuh yang buruk. Tekanan yang terus menerus pada area punggung dan tulang belakang juga akan menganggu postur tubuh.

  • Membawa beban yang berat di satu sisi tubuh

Keseimbangan adalah hal yang penting dalam menjaga postur tubuh. Membawa beban berat setiap hari seperti tas laptop hanya di satu sisi saja akan membuat salah satu pundak terasa lebih berat karena beban yang tidak merata. Apabila anda termasuk sering melakukannya, saatnya mempertimbangkan untuk mengganti shoulder bag atau crossbody bag dengan ransel agar beban tersebut lebih merata ditampung tubuh dan menghindari postur mebungkuk.

  • Terlalu menunduk saat melihat handphone

Semakin anda sering menunduk atau memiringkan kepala saat melihat smartphone atau laptop juga memberikan tekanan yang besar pada tulang belakang dan area leher. Untuk mencegahnya selalu posisikan smartphone dan gadget anda searah dengan pandangan mata.

  • Terlalu berlebihan saat berolahraga
Baca Juga:  Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Segala sesuatu yang berlebihan jelas tidak baik, semisal anda berolahraga dengan tipe yang berbeda secara berlebihan dalam Tetapi terlalu over-exercises akan membuat otot dan sendi bekerja terlalu keras. Hal ini justru dapat memicu inflamasi di tubuh. Atur pola latihanmu dari olahraga intensitas yang sesuai dan jangan lupa untuk memberi tubuh waktu istirahat.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda