Lifestyle

4 Cara Menghadapi Orang Toxic

Jakarta, Deras.id – Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita bertemu orang toxic, baik di dalam pekerjaan, keluarga, ataupun keduanya. Orang toxic akan membawa pengaruh negatif bagi orang sekitarnya. Hal ini perlu disikapi dengan baik agar anda tidak ikut menjadi orang toxic.

Istilah toxic people merujuk pada perilaku seseorang yang toksik atau hubungan yang toksik seperti racun. Ada beberapa tanda utama orang toxic, di antaranya mementingkan diri sendiri atau egosentris, manipulasi dan pelecehan emosional lainnya, ketidakjujuran dan penipuan, dan kecenderungan untuk menciptakan drama atau konflik.

Lalu bagaimana cara kita menghadapi orang toxic:

  • Hindari orang toxic

Berurusan dengan orang toxic mungkin memang melelahkan. Orang tersebut mungkin terus-menerus mengeluh tentang orang lain, selalu punya cerita baru tentang perlakuan tidak adil, atau bahkan menuduh Anda berbuat salah atau tidak peduli dengan kebutuhan mereka. Tahan keinginan anda untuk menanggapi cerita mereka sekadar membela diri terhadap tuntutan.

  • Berani katakan tidak
Baca Juga:  Rusia-China Sepakati Perjanjian untuk Melawan Tekanan Barat

Berkata tidak mungkin terasa sulit untuk dilakukan, khususnya bagi anda yang tidak enakan atau kasihan. Tapi jika tak dilakukan, apalagi pada orang toxic, ini bisa menjadi bumerang untuk anda. Ada kalanya orang toxic menghalalkan segala cara agar anda menuruti keinginannya. Mereka tidak bisa menerima kata tidak dari mulut orang lain. Maka tetaplah pada pendirian anda, dan berlatih untuk mengatakan tidak pada mereka. Semakin sering anda melakukannya, akan semakin mudah pula karena terbiasa. Dengan selalu berkata tidak, orang toxic lama-kelamaan akan menyadari bahwa anda tidak menyukai perilaku mereka.

  • Tetapkan Batasan dengan Orang Toxic

Orang toxic cenderung menyebarkan hal negatif dan stres ke mana pun mereka pergi. Jika anda menemukan diri anda dikelilingi oleh orang-orang beracun, penting bagi anda untuk mengambil langkah mundur dan menetapkan batasan. Pastikan anda menjaga jarak dan menetapkan ekspektasi yang jelas dengan orang-orang ini. Bersikaplah tegas tetapi sopan, dan jangan biarkan mereka mengendalikan emosi anda. Melakukan hal ini dapat melindungi anda dari kelelahan emosional dan stres serta mempertahankan kewarasan anda dalam situasi yang sulit. Batasan ini juga akan membantu anda mempertahankan hubungan yang sehat.

  • Jangan Mudah Terpengaruh
Baca Juga:  Kunjungi Arab, Zelenskyy Bahas Peningkatan Hubungan Bilateral

Salah satu sikap terbaik yang bisa anda ambil saat menghadapi orang toxic adalah cuek. Jangan mudah terpengaruh dengan apa yang mereka katakan, terutama karena mereka hendak memberikan pengaruh negatif dalam hidup anda. Saat orang toxic tersebut mencoba menghasut diri anda, cukup dengarkan dan jangan terlalu ambil pusing dengan apa yang dikatakannya. anda tidak boleh terpengaruh dengan apa yang dikatakannya. Dengan cara ini, anda dapat menyikapi dan menghadapi orang toxic yang anda temukan di sekitar anda dengan tindakan yang tepat.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda