Lifestyle

10 Tanaman Penyerap Debu yang Membuat Dekorasi Cantik dan Udara Bersih di Rumah

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Banyak orang memasukkan tanaman hias ke dalam rumah mereka untuk menambah warna, tetapi tanaman ini juga dapat membantu anda menghemat waktu saat harus membersihkan debu. Anda penasaran tanaman apa saja yang mampu menyerap debu dalam rumah?

Tanaman dalam ruangan adalah cara terbaik untuk menjadikan ruangan lebih sehat bagi manusia untuk ditinggali dengan membantu menjernihkan udara, meningkatkan suasana hati, serta menurunkan tingkat stres.

Berikut adalah beberapa daftar tanaman hias yang bisa anda tambahkan untuk dekorasi rumah sekaligus menambah kesehatan di sekitar rumah:

  • Tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua adalah pilihan tepat ketika mencari tanaman yang meminimalkan debu dan tidak memerlukan perawatan terus-menerus agar bisa tumbuh subur. Mereka tumbuh paling baik di bawah sinar matahari tidak langsung.

Tanaman ini memiliki daun yang besar, tegak, dan indah secara estetika, menjadikannya tanaman untuk dekorasi yang sangat menarik di rumah. Tanaman lidah mertua sangat efektif dalam menyerap formaldehida dan benzena.

Baca Juga:  Sejumlah Rumah Ambruk Terdampak Gempa Magnitudo 7,9 di Maluku
  • Gerbera daisy

Gerbera daisy menawarkan semburat warna berbeda yang mungkin tidak anda dapatkan dari jenis gerbera lainnya. Mereka tidak hanya mengumpulkan debu dengan daunnya yang besar dan indah, tetapi bunga-bunga ini juga menari debu ke kelopaknya, sehingga menjaga seluruh area di sekitarnya tetap bersih.

Advertisement

Selain itu, mereka juga menyerap semua polutan udara berbahaya yang berdampak negatif terhadap kesehatan anda.

  • Lidah buaya
Baca Juga:  Tips Model Baju Samarkan Tubuh Gemuk

Lidah buaya terkenal karena kualitasnya yang menenangkan kulit, tetapi juga bagus untuk membersihkan udara dari racun. Para ahli merekomendasikan untuk menempatkan tanaman hias ini di dapur karena dapat menghilangkan racun yang terdapat dalam deterjen atau disenfektan.

  • Ficus benjamina

Ficus benjamina adalah salah satu bahan yang dapat membersihkan racun di udara, yang dapat menumpuk dari pembersihan karpet dan furnitur.

Advertisement

Terlebih lagi, tanaman ini mudah dirawat dan mengharuskan pemiliknya untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung dan angin. Selain itu, menjaga kelembapan tanah akan membuatnya tumbuh subur.

  • Bambu

Bambu adalah pilihan yang sangat baik untuk rumah tangga anda. Tanaman ini bisa mengurangi sebagian besar debu dari area seluas 50 kaki persegi dengan dua tanaman. Selain itu, bambu juga sangat efektif menghilangkan karbon dioksida dari udara dan banyak gas berbahaya.

  • Peace lily
Baca Juga:  Mengenal Fad Diet, Metode Penurunan Berat Badan yang Sedang Happening di Anak Muda

Dilengkapi dengan dedaunan yang mengkilap, bunga peace lily memiliki kemampuan menyerap spora jamur dan polutan lainnya di udara. Bunga ini juga bisa menyerap uap aseton yang berbahaya.

Uap aseton dapat menyebabkan kurangnya koordinasi, lesu, bicara tidak jelas, sakit kepala, dan tekanan darah rendah. Simpan bunga ini di dalam pot besar di ruang tamu, dan dapatkan manfaatnya.

  • Ivy

Segala bentuk tanaman ivy sangat baik untuk mengurangi debu. English Ivy, misalnya, sangat mudah dikelola dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Selain menghilangkan debu dalam ruangan, ivy juga efektif menghilangkan formaldehida dan benzena.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman penyerap debu yang bisa Bunda bawa ke dalam rumah, agar rumah terasa lebih segar dan bersih.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda