Migrasi dari Aplikasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile Lancar, Pelanggan KAI Tak Perlu Bawa Bukti Vaksin

Jember, Deras.id – Plt Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari mengatakan, proses boarding terpantau lancar dan tanpa kendala saat ada migrasi dari aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. Saat ini pelanggan tak perlu lagi membawa dokumen vaksin saat boarding di stasiun.

“KAI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai pihak yang mengelola aplikasi SatuSehat Mobile. Puji syukur proses migrasi berjalan normal dan berdasar pantauan selama dua hari ini di Daop 9 Jember, tidak terjadi kendala saat proses boarding,” ujar Zaki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/3/2023) siang.

Zaki menjelaskan jika sebelumnya PT KAI telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk validasi dokumen kesehatan calon pelanggan sejak 23 Juli 2021 lalu. Meskipun saat ini ada peralihan dari aplikasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile, pihaknya mengaku data vaksinasi pelanggan tetap mencul dilayar komputer saat petugas melakukan proses boarding.

“Terintegrasinya aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, juga untuk menghindari pemalsuan dokumen,” katanya.

Adapun syarat naik kereta api, sejauh ini masih mengacu pada SE Kemeterian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, E-mail cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Adapun pertanyaan dan informasi seputar SatuSehat Mobile, masyarakat dapat menghubungi Whatsapp Kementerian Kesehatan RI (0811-1050-0567), telepon helpdesk (1500720), atau E-mail helpdesk@kemkes.go.id.

Penulis: Putra Alam | Editor: Rifai

Exit mobile version